Upaya Meningkatkan Life Skill Melalui Kegiatan Membuat Susu Kedelai

Nurmayanti - TK Islam At – Taqwa Jakarta Timur

Abstract. Education kindergarten ‐ children should be able to improve the life skills of students in developing fine and gross motor. Kindergarten B students in kindergarten Islam At‐Taqwa based observations have not been able to maximize the life skills in everyday activities. Additionally teachers in kindergartens Islam At ‐ Taqwa is not yet fully adopted the life skill, so I am interested to conduct research that can improve the life skills of students through activities make soy milk. The aim of this study is the increasing life skills of students through activities make soy milk. Making soy milk have been selected for making soy milk is relatively easy and simple and can be followed by students of kindergarten age. This was a class act and is done in two phases. Each cycle is executed in two meetings. The study was conducted in the academic year 2015‐2016. Subjects were students in kindergarten Islam At ‐ Taqwa group of 34 students B. Stages of the cycle in this research is the planning, implementation, observation, and reflection. Pre‐study learning activity data obtained average mastery learning students learning 26.15%. Results atier treatment through making soy milk in the first cycle of the percentage of students who can atiend 71.13%. The second cycle is complete 78, 55% or experiencing a significant increase compared to the second cycle. So based on the research in the first cycle and second, through the activities of the students make soy milk increased student life skill.

Keyword : life skills, activities, soy milk

Abstrak. Pendidikan taman kanak – kanak harus mampu meningkatkan life skill siswa dalam membangun motorik halus dan kasar. Siswa TK B di TK Islam At‐Taqwa berdasarkan pengamatan belum mampu dalam memaksimalkan life skill dalam kegiatan sehari‐hari. Selain itu guru‐guru di TK Islam At – Taqwa belum menerapkan secara penuh mengenai life skill, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan peneli?an yang dapat meingkatkan life skill siswa melalui kegiatan membuat susu kacang kedelai. Tujuan penelitian ini adalah meningkatnya life skill siswa melalui kegiatan membuat susu kedelai. Pembuatan susu kedelai dipilih karena pembuatan susu kedelai relatif mudah dan sederhana dan dapat diikuti oleh siswa usia TK. Peneli?an ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini diadakan pada tahun pelajaran 2015‐2016. Subyek peneli?an adalah siswa TK Islam At – Taqwa berjumlah 34 siswa kelompok B. Tahapan siklus dalam peneli?an ini adalah perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Kegiatan pembelajaran pra peneli?an didapat data rata‐ rata ketuntasan belajar siswa yang mengiku? pembelajaran 26,15%. Hasil setelah perlakuan melalui kegiatan membuat susu kedelai pada siklus I jumlah persentase siswa yang dapat mengiku? 71,13%. Siklus II dengan ketuntasan 78, 55% atau mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan siklus II. Jadi berdasarkan peneli?an pada siklus pertama dan kedua, melalui kegiatan siswa membuat susu kedelai life skill siswa meningkat.

Kata Kunci : life skill, kegiatan, susu kedelai

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017