Upaya meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman Bahasa Inggris Text Report melalui metode Cooperative Learning tipe Talking Stick

Clara Sri Lestari - Guru SMP N 236 Jakarta

 

Abstract. This research was conducted based on learning outcomes of English of students class IX are always bad. Every time, they always seem boring and unable to answer the question, so the classroom becomes noisy. This study aims to: (1) find the problem and find a solution so that the learning process fun and not boring for students, (2) improving the learning outcomes of students of class IX in English Learning aspect reading comprehension. This research was conducted at the Junior High School 234 Jakarta in Octiber 2011 until Januari 2012. This study used action research method in 2 cycles and each cycle consisted of 3 meetings. The instrument used in this method was: a written test to determine the ability of reading comprehension, observation sheets, field notes. The results of this study showed that in the fisrt cycle the average percentage of students who have completed 84,21%, the second cycles of the average percentage of students who have completed 97,38%.This was in accordance with pre-determined indicators of success namely the success percentage of average of at least 75%. The conclution of this research that the ability of reading comprehension using Cooperative Learning Method Talking Stick Type in class IX 6 SMP Negeri 234 Jakarta can improve student’s ability in reading comprehension.

Keywords: Learning outcomes, English Language, Cooperative Learning,Talking Stick

Abstrak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas IX selalu jelek. Setiap kali belajar mereka selalu kelihatan bosan dan tidak bisa menjawab pertanyaan, sehingga seringkali kelas menjadi ribut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mencari masalah dan menemukan solusi agar proses belajar bahasa Inggris menyenangkan dan tidak membosankan siswa,dan (2) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris aspek membaca pemahaman (Reading Comprehension) menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di kelas IX 6 SMP Negeri 234 Jakarta pada bulan Oktober 2011 sampai Januari 2012. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah TesTertulis untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prosentasi rata-rata siswa yang sudah tuntas 84,21%, pada siklus II prosentase rata-rata siswa yang sudah tuntas 97,38%. Hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu prosentase keberhasilan rata-rata minimal 75%. Penelitian ini
mengahasilkan kesimpulan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode Cooperative Learning Type Talking Stick di kelas IX 6 SMP Negeri 234 Jakarta dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Kata kunci : Hasil belajar, Bahasa Inggris, Cooperative learning, Talking stick.

Artikel lengkap # disini #

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ----