Upaya Meningkatkan hasil belajar EKONOMI pokok bahasan KETENAGAKERJAAN melalui pembelajaran kooperatif TIPE STAD

Atik Kurniati (Guru SMA Negeri 58 jakarta)

 

Abstract. This study is a description research with an action approach. The study aims to determine the improvement of economic learning outcomes on the subject of employment using STAD cooperative learning. The subjects were students of class XI Social B at SMAN 58 Jakarta in the first semester. The result of the study showed that in the first cycle the average of the economic learning was 78.05 with 78.94% completeness, and in the second cycle the average results of the economic learning increased to 85.36 with 94.73 % completeness. The process of students learning activities in the classroom also increased from the first cycle to the second cycle from for example the from 27 (71.05 %) to 32 students (84.21%), answer to question 22 (57.89%) to 28 students (73.68%), expressing opinions from 20 (52.63%) to 24 students (63.16%), cooperation in the subject from 30 (78.95%) to 34 students (94.74%). The results showed that economic learning on the subject employment can be increased by using STAD cooperative learning in class XI Social B in SMAN 58 Jakarta.

Keyword : Economic learning outcome, Cooperative learning, STAD

Abstrak. Perumusan masalah dari penelitian deskripsi ini adalah “Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pokok bahasan ketenagakerjaan pada siswa kelas XI IPS B di SMA Negeri 58 Jakarta Semester I tahun pelajaran 2011-2012.” Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi tentang ketenagakerjaan, menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPS B di SMAN 58 Jakarta semester I tahun pelajaran 2011-2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS B SMAN 58 Jakarta Timur. Hasil
analisis deskripsi mengungkapkan, pada siklus I rata-rata hasil belajar ekonomi 78,05 dengan ketuntasan 78,94%, pada siklus II rata-rata hasil belajar ekonomi mengalami kenaikan menjadi 85,36 dengan ketuntasan 94,73%. Keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II seperti keberanian dalam bertanya dari 71,05% menjadi 84,21%, menjawab pertanyaan 57,89% menjadi 73,68%, mengemukakan pendapat dari 52,63% menjadi 63,16%, bekerjasama dalam berdiskusi dari 30 78,95% menjadi 94,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi tentang
ketenagakerjaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPS B di SMA Negeri 58 Jakarta.

Kata kunci : Hasil belajar ekonomi, Pembelajaran kooperatif, STAD

Artikel lengkap # di sini #

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017