Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip

Isroyati -  Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract. This research background is students with difficulties to determine the choice of words, combaining words and some ideas in the text description. Research uses classroom action research (CAR). Purpose of this research to improve students writing using”field trip” method. To get the required data the researcher, provides test and distributing questionnaires to students. The author conducted interviews to teachers of Bahasa Indonesia. In the first cycle, the result of completeness amounted to 15 people or 37%, and students who have reached the limit completed as many as 25 people or 63%. Increased mastery learning significantly from 45% or 18 students in the first cycle and 40 students or 100% in the second cycle.The results explain that students were able to explain that the ideas and the ability to write a description with field trip methods so students can learn Bahasa Indonesia optimally.

Keyword: writing, description paragraph, method field trip

Abstrak. Penelitian ini berlatarbelakang pada kesulitan siswa menentukan pilihan kata, menggabungkan kalimat dan menuangkan ide dalam penulisan paragraf deskripsi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode field trip. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis, memberikan tes dan menyebarkan angket kepada siswa. Penulis melakukan wawancara kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia. Setelah dilakukannya penelitian, pada siklus I ketuntasan berjumlah 15 orang atau 37%, dan siswa yang telah mencapai batas tuntas sebanyak 25 orang atau 63%. Peningkatan ketuntasan belajar sangat signifikan dari 45% atau 18 siswa pada siklus I dan 40 siswa atau 100% pada siklus II. Hasil tersebut menjelaskan bahwa siswa pun mampu menuangkan ide/gagasan dan mengembangkanya sehingga kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan optimal.

Kata kunci: menulis, paragraf deskripsi, metode field trip

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017