Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Metode Bermain Peran

Lieswara - Guru SDN Gedong 08 Pagi Jakarta

Abstract. This study was conducted on 32 students of class II SDN Gedong 08 East Jakarta. The variables measured include the learning process of students, especially to obtain empirical data on the results of science learning with role playing. Each cycle consisted of planning, action, monitoring / observation, provide reflection and evaluation, as a basis for re‐planning the next cycle. Learning outcomes obtained data result of learning achievement of the average of 7.3 in the first cycle increased to 8.3 in the second cycle. Data monitoring the actions of teachers and students in learning with role playing are as follows: 1) Data monitoring cycle I encounter one obtained scores effectiveness of role playing was 67,9% increased to 79,9% in the second cycle for teacher activity.; 2) Data monitoring cycle I encounter one obtained scores effectiveness of role playing was 68% increased to 80% in the second cycle for students activity.

Keywords: role playing, mathematic learning outcomes

Abstrak. Di antara faktor penyebab sulitnya siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah tingkat membaca pemahaman siswa rendah sehingga keliru dalam mengintepretasikan kalimat‐kalimat yang berisi data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas II SDN Gedong 08 Pagi Jakarta Timur. Variabel yang diukur meliputi proses pembelajaran siswa khususnya hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode bermain peran dalam dua siklus dengan tujuan untuk memperoleh data empirik tentang hasil belajar Matematika pada kelas II SDN Gedong 08 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakah dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantau/observasi, memberikan refleksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan belajar. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata‐rata 7,3. Pada siklus II meningkat menjadi 8,3 .Hasil prosentase pada siklus I 30% pada siklus II 70%

Kata Kunci: metode bermain peran, hasil belajar matematika

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017