Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Peta Konsep Jaring Laba‐laba

Sri Wahyuni - SMP Negeri 143 Jakarta

Abstract, The lack of media innovative and conventional teaching methods lead only 51,2% complete persentage outcomes. To overcome these problems, the authors conducted a study using spider web concept map. Using classroom action research comprising 3 cycles. The objective is to improve student learning outcomes of class VIII‐H second semester, academic year 2015/2016. The hypothesis: Using spider web concept map instructional media could improve students learning outcomes. The study begins with planning, making learning programs and other research instruments. Teachers and students performance are also being observed through daily tests. Finding during the study discused between researchers and observer using the observations data on each cycles.The average of students on 1‐cycle is 56.25 with the complete persentage 56%. On 2‐cycle the average is 78.03 with the complete persentage 78%. On 3‐cycle the average is 85.61 with passing persentage 86%. In conclution spider web map concept on employment matier could improve students outcome.

Keywords: learning outcomes, spider web concept map, the matter of Employment

Abstrak. Kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan ditambah cara mengajar guru yang konvensional menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII‐H SMP Negeri 143 Jakarta. Rata‐rata hasil belajar 61,73 dengan persentase ketuntasan hanya 51,2%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan pembelajaran menggunakan media peta konsep jaring laba‐laba. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri atas 3 siklus. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII‐H semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Adapun hipotesisnya adalah: Penggunaan media pembelajaran peta konsep jaring laba‐laba dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian diawali dengan menyusun rencana tindakan, membuat program pembelajaran yang digunakan dan instrumen penelitian lainnya. Selama proses pembelajaran, dilakukan pengamatan terhadap kinerja guru sebagai peneliti dan dilakukan penilaian terhadap peserta didik melalui ulangan harian. Temuan selama berlangsungnya pembelajaran didiskusikan antara peneliti dan observer dilengkapi dengan data hasil pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I, II dan III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik adalah siklus I: nilai rata‐rata peserta didik 56,25 dengan persentase peserta didik yang tuntas 56%, pada siklus II: nilai rata‐rata peserta didik 78,03 dengan persentase peserta didik yang tuntas 78%, dan siklus III: nilai rata‐rata peserta didik 85,61 dengan persentase peserta didik yang tuntas belajar 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan peta konsep jaring laba‐laba pada materi kKetenagakerjaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII‐H SMP Negeri 143 Jakarta semester 2 tahun pelajaran 2015/2016

Kata‐kata kunci: hasil belajar, peta konsep jaring laba‐laba, materi ketenagakerjaan.

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017