Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament

Nuryani - SDN Gedong 08 Pagi Jakarta

Abstract. Education Natural Sciences in SD aims to prepare students to be useful for ourselves, others, the environment, and utilize natural resources wisely contained therein along with the progress of science and technology. This research was carried on because of the low learning outcomes Natural Sciences students. The results of students in science subjects at 08 am SDN Gedong not meet minimum completeness criteria (KKM) is 75, we need a strategy to improve learning outcomes IPA. The learning model type “GameTournamen Team” (TGT) is u?lized to improve learning outcomes IPA. The subjects of this study is the fourth grade students of SDN 08 Pagi Gedong East Jakarta totaled 38 students. This research is a class conducted in two cycles implemented in the academic year 2016/2017. Each cycle consists of planning, action, monitoring/ observation, provide reflection and evaluation of the implementation of learning activities as pre‐planning for the next cycle. Learning outcomes by using cooperative learning TGT approach, obtained data result of learning the first cycle and the first meeting of 3.28 with a percentage of 65.62% of students have reached KKM. At the second mee?ng of the first cycle, increased to 3.47 with a percentage of 69.38%. Then in the second cycle, the first mee?ng, the results obtained with persentase77,50 about 3.87% and continues to rise in the second cycle, the second meeting to 3.94 with a percentage of 78.75% The results of this study indicate that the use of cooperative learning model of learning Team Type Tournament games can improve learning outcomes IPA, especially for fourth grade students at SDN Gedong 08, East Jakarta.

Keywords: team game tournament, learning outcomes, IPA

Abstrak. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di SD bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar, serta memanfaatkan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dengan bijaksana seiring dengan kemajuan IPTEK. Penelitian di laksanakan karena rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN Gedong 08 pagi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75, maka diperlukan suatu strategi untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Model pembelajaran tipe ”Team GameTournamen” (TGT) digunakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gedong 08 Pagi Jakarta Timur berjumlah 38 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakah kelas yang dilakukan dalam dua siklus dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017. Se?ap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantau/observasi, memberikan refleksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan belajar sebagai pra‐perencanaan untuk siklus selanjutnya. Hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TGT, diperoleh data hasil belajar siklus I dan pertemuan pertama sebesar 3,28 dengan persentase 65,62% siswa sudah mencapai KKM. Pada siklus I pertemuan kedua, meningkat menjadi 3,47 dengan persentase 69,38%. Kemudian pada siklus kedua, pertemuan pertama, diperoleh hasil 3,87 dengan persentase 77,50% dan terus meningkat pada siklus kedua, pertemuan kedua menjadi 3,94 dengan persentase 78,75%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA, terutama bagi siswa kelas IV di SDN Gedong 08, Jakarta Timur.

Kata Kunci: team game tournament, hasil belajar, IPA

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017