Penguatan Implementasi K13

Bimbingan Teknis Penilaian Hasil Belajar bagi Guru dan Pengawas SD

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman para instruktur tingkat Kabupaten Kota terhadap materi Analisis KI, KD dan Indikator; penyusunan dan perhitungan KKM; Pembuatan soal HOTS berdasarkan indikator, penyusunan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, Keterampilan; dan Pengolahan nilai raport. Pelaksanaan Kegiatan ini pada tanggal 23 sd 26 November 2016 di Hotel Ibiss Slipi Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan Pengawas yang merupakan Instruktur tingkat kabupaten Kota, perwakilan guru dari Sekolah dasar Rujukan dan Widyaiswara LPMP DKI Jakarta yang seluruhnya berjumlah 112 peserta.

Pelatihan Pengelolaan Kurikulum 2013 Bagi Kepala Sekolah SMP

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kepala sekolah – kepala sekolah sasaran tentang pengelolaan kurikulum terutama dalam hal menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif, mengelola pelaksanaan kurikulum; mengelola pemenuhan Standar Nasional Pendidikan untuk mendukung pelaksanaankurikulum; dan menyelesaikan hambatan-hambatan pengelolaan pelaksanaan Kurikulum 2013. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 November sd 1 Desember di Hotel Permata, Bogor.

Pelatihan Model-Model Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMA

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguatkan kemampuan para guru di Provinsi DKI Jakarta yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 melalui MGMP agar mereka memiliki pemahaman yang sama tentang konsep dan implementasi model-model pembelajaran dan penilaian dalam Kurikulum 2013 dan dapat mengimbaskannya kepada guru-guru di MGMP masing-masing. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Olimpic Renotel, Sentul Bogor dengan jumlah peserta 104 orang dan rinciannya sebagai berikut Guru mewakili MGMP 91 orang dan Koordinator Pengawas SMA 13 orang.

Sinkronisasi Kurikulum SMK dengan Standar Kuali kasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Dunia Usaha/Industri

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan sinkronisasi Kurikulum SMK dengan Standar Kuali kasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Dunia Usaha/Industri dengan memberi pengembangan kemampuan para guru di Provinsi DKI Jakarta yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 melalui MGMP agar mereka melakukan kesesuaian antara SKKNI dan Kurikulum 2013 jenjang SMK; melakukan pengembangan dimensi pengetahuan dan ketrampilan dalam bahan ajar; Melakukan pengembangan nilai dan sikap professional dalam bahan ajar dan pembelajaran serta pengembangan silabus, RPP dan penilaian. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Ibis, Slipi Jakarta tanggal 28 November s.d 1 Desember 2016 dengan jumlah peserta 105 orang dan rincian: 26 orang Pengurus MGMP, 36 guru produktif SMK, 12 Widyaiswara LPMP, 2 Fungsional Umum, 13 Dunia Usaha, 3 Staf Disdik dan 13 orang Pengawas SMK.