Pendampingan Penulisan Artikel Hasil Penelitian bagi Guru

Salah satu program dalam Seksi Informasi LPMP DKI Jakarta adalah menghasilkan produk berupa artikel ilmiah yang siap diterbitkan dalam Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan Edisi 3 Tahun 2017 yang diterbitkan 3 edisi dalam satu tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan penulisan artikel ilmiah hasil penelitian dari guru-guru, kepala sekolah, pengawas yang tergabung dalam Workshop Pendampingan Penyusunan Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan Tahun 2017 yang telah diselenggarakan di LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan bertujuan untuk : 1) meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menulis artikel hasil penelitiannya sesuai dengan gaya selingkung Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan LPMP DKI Jakarta, dan (2) membantu guru-guru mempublikasikan artikel hasil penelitiannya jurnal ilmiah, khususnya Jurnal Pendidikan dan kegiatan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, yang berlangsung pada tanggal:

  • Pertemuan I    dilaksanakan pada hari/ tanggal Kamis, 14 September 2017
  • Pertemuan II   dilaksanakan pada hari/tanggal Selasa, 19 September 2017
  • Pertemuan  III  dilaksanakan pada hari/tanggal Senin, 25 September 2017

Kegiatan diawali dengan penyusunan naskah penulis yang kelayakan naskah hasil penelitiannya sudah 50% terpenuhi sistematika penulisannya dan sesuai content yang ditetapkan. Kegiatan merupakan kelompok kerja terfokus yang terdiri dari Mitra Bestari, Penyunting Naskah dan Penulis. Kelayakan Naskah yang tersedia dan mencapai 50%, akan mempercepat ketuntasan penyelesaian proses edit dan penyuntingan.

Metode dilakukan dengan pendampingan dan pembimbingan dari mitra bestari dan penyunting naskah secara langsung dalam merevisi perbaikan sesuai dengan standar sistematika penulisan Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan LPMP DKI Jakarta yang telah ditentukan, serta kelayakan content naskah.

Peserta workshop pendampingan penyusunan JLMP 2017 adalah para 10 penulis  berasal dari pengawas dan guru. Penyunting sebanyak 10 orang dan 2 orang Penyunting Eksternal (mitra bestari) yaitu Dr. Christina Tulalessy dan Seni Asiati, M.Pd

Kegiatan dilakukan secara berkelompok, mitra bestari, penulis dan penyunting tim JLMP dalam kelompok kerja yang ditunjuk dalam menyusun naskah, dilanjutkan dengan paparan dan pembahasan naskah serta tanya jawab.Kegiatan diharapkan agar peserta melakukan pencarian dengan browsing internet serta literatur pustaka dalam menggali sumber kajian informasi yang up to date, menganalisis artikel, dan menyusun naskah dalam artikel ilmiah.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 1)  Dari peserta mayoritas telah memiliki wawasan tentang jurnal dan cara penulisan artikel hasil penelitian sesuai dengan standar kualitas artikel; (2) Sembilan peserta memiliki naskah yang siap diproses lebih lanjut di JLMP LPMP DKI Jakarta Edisi ke-3 Tahun 2017. Dalam proses yang berlangsung ternyata satu naskah tidak bisa ditayangkan, sehingga hanya 9 naskah yang termuat dalam edisi 3 tahun 2017. Hal ini disebabkan karena waktu penyelesaian naskah sudah melewati batas waktu, sedangkan waktu naik cetak harus terealisasi. Semoga hasil penelitian yang terangkum dalam jurnal tersebut dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi para pembaca. (Endang Setiariny)

 

    Rabu tanggal 15 Nopember 2017 kepala LPMP DKI Jakarta yang diwakili oleh Kasubbag Umum R. Syamsul Arifin, S.Sos membuka kegiatan Workshop Penyusunan Peta Bisnis Proses & Review Standar Operasional Prosedur LPMP DKI Jakarta tahun 2017 di Hotel Harper MT. Haryono Cawang. Kebijakan reformasi birokrasi di lingkungan instansi pemerintah adalah untuk membangun perilaku aparatur sipil negara yang memiliki integritas, produktivitas dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan yang maksimal melalui pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) dalam sistem manajemen pemerintahan. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi kebijakan penerapan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZIWBK) di lingkungan LPMP DKI Jakarta. Materi disampaikan oleh Sujana Gitanegara, S.T, M.Ak, QIA, CIFr.A dari Bagian Hukum dan Kepegawaian Itjen Kemdikbud. Pak Sujana menyampaikan materi dengan penuh semangat dan dukungan kepada ASN LPMP DKI agar komitmen dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Selanjutnya materi inti dari kegiatan ini yaitu tentang Standar Operasional Prosedur. Pada prinsipnya perubahan ketatalaksanaan diarahkan untuk melakukan penataan laksana instansi pemerintah yang efektif dan efisien.  Salah satu upaya penataan tata laksana diwujudkan dalam bentuk penyempurnaan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan juga penyusunan Peta Bisnis Proses. SOP disusun mengacu pada rincian tugas unit kerja. SOP yang telah disusun masing-masing unit kerja di review oleh narasumber dari Tata Laksana Ditjen Dikdasmen Ibu Sumiyati, SE, ME dan tim nya. Setelah SOP direview, masing-masing unit kerja melakukan paparan tentang SOP nya masing-masing. Kegiatan ditutup pada Sabtu 18 Nopember 2017 oleh Kepala LPMP dan Kasubag Umum LPMP DKI Jakarta pukul 10.30 siang.