Pelatihan Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Perpustakaan Keliling

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Perpustakaan Keliling dilaksanakan tanggal 19 s.d 20 Februari 2018 di LPMP DKI Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang berasal dari pegawai LPMP DKI Jakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta yang akan terlibat dalam kegiatan Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta tahun 2018 dengan pemahaman dan keterampilan tentang seluk beluk perpustakaan keliling.

Pembukaan dilakukan secara resmi oleh Ibu Rina Harjanti, S.Si selaku Kasi FPMP mewakili Kepala LPMP DKI Jakarta. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Perpustakaan keliling merupakan salah satu peran nyata dari LPMP DKI Jakarta dalam memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan melalui pendidikan karakter juga literasi, sehingga diharapkan kedepannya akan banyak ide dan inovasi kegiatan seperti Perpustakaan Keliling.

Kegiatan perpustakaan keliling merupakan salah satu program Sub Bagian Umum LPMP DKI Jakarta yang merupakan program perdana pengembangan Perpustakaan LPMP DKI Jakarta di Tahun 2018. Pelatihan ini diadakan agar peserta memahami tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Prosedur Perpustakaan Keliling serta teori dan praktek baca puisi dan mendongeng dari ahlinya. Sehingga diharapkan saat implementasi Perpustakaan Keliling di sekolah, selain bahan-bahan bacaan sudah tersedia cukup banyak, juga akan didukung oleh SDM yang handal dalam menciptakan kegiatan yang menarik bagi anak.

Narasumber kegiatan ini berasal dari widyaiswara LPMP DKI Jakarta, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok serta praktisi pembaca puisi dan pendongeng. Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan diikuti oleh peserta dengan antusias, karena materi disampaikan dengan menarik oleh narasumber. Praktek langsung dalam puisi dan mendongeng pun memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi peserta.

Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan seluruh peserta mampu mengimplementasikan Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta yang rencananya akan memberikan layanan bagi siswa Sekolah Dasar dengan sasaran awal sebanyak 10 (sepuluh) SD di DKI Jakarta. Bentuk layanan yang diberikan antara lain membaca buku di tempat disertai dengan acara yang disisipkan dengan penanaman budi pekerti seperti kegiatan dongeng, pembacaan puisi, permainan tradisional serta permainan spontan dengan pemberian hadiah/cenderamata bagi siswa-siswa yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Bapak Surya Fitri Nurulhuda, S.E, M. Si. Dalam sambutannya, Bapak Kepala memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk terus berinovasi dan berkreasi menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh stakeholder dan berharap semoga Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta dapat diimplementasikan sesuai rencana dengan dukungan berupa sarana prasarana dan SDM yang profesional. (Irni)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ----