PELATIHAN JURNALISTIK BAGI TIM PUBLIKASI LPMP (Meningkatkan Kemampuan Jurnalistik, Membangkitkan Publikasi LPMP)

LPMP DKI Jakarta bekerjasama dengan Yayasan Batutis Al-Ilmi Bekasi menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik bagi Tim Publikasi LPMP DKI Jakarta di Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Depok, Jawa Barat. Pelatihan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Juni 2017. Pada acara pembukaan Kepala LPMP DKI Jakarta, Bapak Surya Fitri Nurulhuda, SE, M.Si mengamanatkan pada para peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan waktu dan materi yang disampaikan narasumber untuk meningkatkan pengetahuan tentang jurnalistik khususnya bagaimana cara menulis berita agar setelah kegiatan ini berakhir para peserta dapat menyumbangkan tulisan-tulisan yang dapat menjadikan publikasi LPMP seperti laman website, sosial media maupun media publikasi lainnya dapat hidup dan bangkit kembali.

Pada saat penyampaian materi, Yudhistira ANM Massardi & Tim selaku narasumber dari Yayasan Batutis Al-Ilmi menekankan perlunya unsur 5W 1H + FAKTA dalam sebuah penulisan berita. 5W yang dimaksud adalah What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana) dan Why (kenapa) serta 1 H yaitu How (bagaimana), sedangkan dalam mendeskripsikan lebih lanjut atau penulisan investigasi yang dikembangkan adalah unsur Why dan How. Selanjutnya bagaimana susunan redaksi dalam struktur penerbitan juga merupakan hal yang tak kalah penting, karena di sanalah dapur dalam penerbitan berita.

Selain materi di atas pada pelatihan ini juga diulas mengenai bagaimana menulis kreatif, Dasar-dasar fotografi, dan publikasi web.  Materi pelatihan disampaikan dengan cara yang cukup menarik perhatian peserta disertai praktek agar peserta dapat secara langsung memahami materi yang disampaikan narasumber.

Pelatihan ini dianggap perlu dilaksanakan mengingat beberapa tahun terakhir publikasi di LPMP DKI Jakarta bagaikan matisuri, Bulletin KIAS pernah terbit beberapa tahun yang lalu, tahun ini sedang direncanakan untuk diterbitkan lagi. Untuk media website LPMP sendiri sempat vakum beberapa tahun sampai akhirnya membuat Kepala LPMP tergelitik untuk menghidupkan kembali laman website yang menurutnya merupakan salah satu media yang cukup penting dan inovatif dalam menyampaikan berita atau peristiwa yang saat ini terjadi di dunia pendidikan khususnya di lingkungan LPMP DKI.

Membangkitkan semangat menulis pegawai yang memiliki tugas dan kegiatan masing-masing bukan merupakan hal yang mudah. Kegiatan yang beruntun diantara waktu yang terus berjalan ditambah kemampuan menulis yang terbatas membuat publikasi LPMP sulit berkembang.  Susunan Dewan Redaksi saat ini pun belum mampu bekerja secara optimal. Beruntung Pimpinan saat ini memiliki perhatian yang khusus akan pentingnya publikasi sehingga kegiatan pelatihan jurnalistik bagi tim publikasi didukung secara penuh, tinggal bagaimana para peserta memanfaatkan kesempatan yang ada untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan pendukung jurnalistik lainnya agar dapat memberikan sumbangsih yang optimal pada kemajuan publikasi LPMP khususnya dan kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya.(okt)

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017