Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran E‐Learning

Parimpunan - SMP Negeri 211 Jakarta

Abstract. student uniqueness that regarded by Internet mediaand low of sciences that foster lateral independence in class VIII‐1 SMP Negeri 211. Applied learning method is the use media solving uniqueness and low usufructs IPA’S studying intent increase network material mastery that dinamisasi’s benefit processes learning problem.Research carried out at class as 36 students, conducted from July until October 2016, Applied three cycles, each cycle consisting of three meetings.Each cycle of activities: planning, action, observation and reflection. Result essays i. cycle and II. ascension happening assess as 3.13 cycle point II. and III. as 2.78 points, with learned thoroughness that increases as 5.56% of i. cycles go to II. and 10.8% from cycle II. to III., so also i. cycle student activity and II. experience ascension as big as 7.77% and cycles II. to III. 11.11%. Observational result e learning increases to usufruct IPA’S studying.

Keywords: learning outcomes, structure function plant, media e‐learning.

Abstrak. keunikan siswa yang dipengaruhi media internet dan rendahnya penguasaan konsep IPA yang menumbuhkan kemadirian lateral IPA pada siswa kelas VIII‐1 SMP Negeri 21 menjadi latar belakang penelitian ini. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah pemanfaatan media pembelajaran E‐Learning dengan tujuan meningkatkan penguasaan materi jaringan yang bermanfaat bagi dinamisasi proses pembelajaran. Peneli?an dilaksanakan pada siswa kelas VIII‐I sebanyak 36 siswa, dilaksanakan 4 bulan, mulai Juli sampai Oktober tahun 2016 dan dilaksanakan dalam 3 siklus, yang setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Setiap siklus 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Pelaksanaan siklus I berupa pembelajaran Struktur Fungsi Jaringan. Hasil observasi siklus I direfleksi untuk merencanakan tindakan pada siklus II. Pelaksanaan siklus II berupa pembelajaran Fotosintesis. Hasil observasi siklus II direfleksi untuk merencanakan tindakan pada siklus III pembelajaran gerak tumbuhan.Hasil tes siklus I dan II terjadi kenaikan nilai sebesar 3,13 poin siklus II dan III sebesar 2.78 poin, dengan ketuntasan belajar meningkat sebesar 5,56% dari siklus I ke II dan 10,8% dari siklus II ke III, begitu juga aktivitas siswa siklus I dan II mengalami kenaikan sebesar 7,77% dan siklus II ke III 11,11%.Hasil penelitian e‐learning menunjukkan keterkaitan dengan aktivitas peningkatan hasil belajar IPA, memotivasi siswa menyelesaikan secara mandiri dan berkelompok serta menguasai konsep IPA, mampu menetapkan pembelajaran memori jangka panjang bagi siswa dalam pembelajaran tingkat berpikir kritis.

Kata Kunci: hasil belajar, struktur fungsi jaringan, media pembelajaran e‐learning.

    ♦  PMS - Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan 11 September 2017 s.d 10 Nopember 2017  ♦  FPMP - Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMA sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SMK sasaran tahun 2017 ♦  Monev Pelaksanaan Pendampingan Implementasi K13 di SD sasaran tahun 2017