Ikhtisar Eksekutif Laporan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2016 LPMP DKI Jakarta

Pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan menginduk pada sasaran strategis dan indikator kinerja LPMP dalam Lampiran Renstra Kemdikbud dan Renstra Ditjen Dikdasmen 2015-2019 yang terdiri atas tiga kelompok program strategis, yaitu:

  1. Pembinaan penjaminan mutu pendidikan (Program Setditjen Dikdasmen), yang memayungi kegiatan-kegiatan pemetaan mutu pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Provinsi DKI Jakarta;
  2. Peningkatan layanan pengembangan penjaminan mutu pendidikan untuk seluruh jenjang pendidikan (Program LPMP), yang memayungi kegiatan-kegiatan supervisi dan fasilitasi dalam pencapaian SNP pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Provinsi DKI Jakarta;
  3. Dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas lainnya (Program Setditjen Dikdasmen), yang memayungi kegiatan-kegiatan dalam fungsi LPMP melaksanakan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah, kerja sama di bidang penjaminan mutu pendidikan serta tata kelola urusan administrasi.

Dari penetapan sasaran strategis dan indikator kinerja LPMP tersebut, dapat digarisbawahi bahwa penetapan tersebut telah sejalan dengan tugas dan fungsi LPMP di provinsi yaitu melakukan pemetaan, supervisi dan fasilitasi serta dukungan tata kelola kelembagaan yang handal. Hal tersebut juga selaras dengan visi dan misi LPMP DKI Jakarta, yang bercita-cita konsisten melaksanakan tugas dan fungsi dengan semangat gotong-royong sebagai bentuk nyata menjalin kerja sama/kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan dan mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan yang dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dalam rencana pembangunan pendidikan khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Hasil-hasil yang dicapai dalam pelaksanaan tugas dan fungsi LPMP Tahun 2016 yang terkait IKK di Renstra Kemdikbud antara lain:

  1. Peta mutu pendidikan jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang diolah dari data yang diinput dalam Aplikasi PMP yang terintegrasi dengan Dapodik;

    Capaian SNP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016
  2. Supervisi dan fasilitasi mutu pendidikan dalam pencapaian SNP yang dilakukan melalui pelaksanaan Pelatihan Kurikulum 2013, penyaluran bantuan pemerintah dan pendampingan Kurikulum 2013 di sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Pelaksanaan tugas dan fungsi LPMP yang masih perlu perbaikan kinerja di tahun yang akan datang antara lain:

  1. Perbaikan kinerja dalam pengembangan dan pengelolaan sistem informasi, sehingga kebutuhan akan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan pemetaan mutu pendidikan serta kegiatan supervisi dan fasilitasi dapat dipenuhi;
  2. Perbaikan pengelolaan bidang kerja sama/kemitraan khususnya kegiatan non DIPA, agar prestasi dari kerja sama/kemitraan LPMP DKI Jakarta dengan mitra pendidikan lainnya dapat dioptimalkan kebermanfaatannya dan menjadi lebih bermakna jika dapat dipublikasi dengan baik.

Hasil pengukuran kinerja fisik yang merupakan keberhasilan pelaksanaan program/kegiatan mencapai 97,84%, sedangkan terkait realisasi penggunaan anggaran terealisasi sebesar 92,11% dengan rincian realisasi anggaran berbasis indikator kinerja sebagai berikut:

  1. IKK Persentase SD, SMP, SMA dan SMK yang telah dipetakan mutunya, terealisasi sekitar 87,24% dari pagu yang ditetapkan;
  2. IKK Persentase SD, SMP, SMA dan SMK yang telah disupervisi dan difasilitasi dalam pencapaian SNP, terealisasi sekitar 96,37% dari pagu yang ditetapkan;
  3. IKK Jumlah layanan sistem pendataan dan informasi pendidikan dasar dan menengah, terealisasi sekitar 90,54% dari pagu yang ditetapkan.
  4. IKK Jumlah dokumen rumusan kebijakan, perencanaan, penganggaran dan pengendalian kegiatan serta koordinasi lintas sektoral bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, terealisasi sekitar 88,01% dari pagu yang ditetapkan.
  5. IKK Jumlah kerjasama dan kemitraan institusi/instansi dalam dan luar negeri (DIPA) sekitar 90,41% dari pagu yang ditetapkan.

Terkait dengan adanya kebijakan Kemdikbud tentang penerapan efisiensi anggaran, bila dibandingkan dengan pagu di awal tahun terjadi perubahan besaran pagu di akhir tahun yang menjadi dasar pengukuran capaian kinerja lembaga. Capaian daya serap anggaran dihitung tanpa menjumlahkan self blocking, dimana hal tersebut mengikuti instruksi dari Bappenas agar capaian daya serap anggaran tidak terukur rendah.

Capaian optimal LPMP DKI Jakarta Tahun 2016 tersebut terwujud dengan memaksimalkan pencapaian target sasaran dalam pelaksanaan program/kegiatan dengan tetap berprinsip pada efisiensi penggunaan sumber daya dan sumber dana.

 

Daftar singkatan :
Kemdikbud: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
LPMP: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
Ditjen: Direktorat Jenderal
Setditjen: Sekretariat Direktorat Jenderal
Renstra: Rencana Strategik
Dikdasmen: Pendidikan Dasar dan Menengah
IKK: Indikator Kinerja Kegiatan
Aplikasi PMP: Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan
Dapodik: Data Pokok Pendidikan
SNP: Standar Nasional Pendidikan
DIPA: Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran
SD: Sekolah Dasar
SMP: Sekolah Menengah Pertama
SMA: Sekolah Menengah Atas
SMK: Sekolah Menengah Kejuruan