Bimbingan Teknis Bagi Pengawas dalam Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2018

LPMP DKI Jakarta, Angkatan 1 (24 s.d. 25 Mei 2018) dan Angkatan 2 (30 s.d. 31 Mei 2018)

Dalam upaya pemetaan mutu pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2018 melakukan program pemetaan mutu satuan pendididikan yang pengumpulan datanya menggunakan aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang disinkronkan dengan aplikasi Dapodik. Pemetaan mutu satuan pendidikan di seluruh jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Provinsi DKI Jakarta, dilakukan melalui aplikasi penjaminan mutu pendidikan dan dapodik dengan melibatkan seluruh pengawas sekolah di DKI Jakarta.

Sebagai langkah sosialisasi program pemetaan mutu 2018 ke seluruh satuan pendidikan, maka LPMP DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Pengawas jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dalam Pemetaan Mutu Pendidikan di DKI Jakarta yang diselenggarakan dalam 2 angkatan.  Pengawas yang menjadi peserta angkatan 1 adalah pengawas untuk jenjang SD berjumlah 181 orang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Pada angkatan 2 pengawas yang menjadi peserta berjumlah 183 orang yang terdiri dari Pengawas SD Jakarta Pusat, seluruh pengawas SMP, SMA dan SMK di DKI Jakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mempersiapkan pengawas sekolah supaya memahami proses pemetaan mutu pendidikan tahun 2018, dan pada akhirnya mereka akan melakukan verifikasi dan validasi isian PMP di seluruh sekolah binaannya masing-masing.

Pada proses pelaksanaan Bimtek ini, pengawas dibekali dengan materi bagaimana Menuju Pemetaan Mutu Yang Valid dan Berkualitas, Pemanfaatan Rapor Mutu dalam Penyusunan Rencana Kerja, memahami SPMI, Indikator Mutu dan Pengolahan Data Mutu, melakukan/ memanfaatlkan Rapor Mutu dan Analisis Data Mutu serta pada Monitoring dan Evaluasi (verifikasi dan validasi) dengan Simulasi dan Penggunaan Aplikasi Pengumpulan Data Mutu di Satuan Pendidikan yang disajikan dalam pola 16 JP oleh Fasilitator daerah yang terdiri atas Widyaiswara, Dinas dan Staf LPMP.

Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung, peserta dapat berperan secara aktif dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pengawas Profesional, Mutu Pendidikan Meningkat

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ---- Selamat datang di LPMP DKI Jakarta ----